Mengambil service jitu pada badminton

Beberapa pujangga mengatakan kalo hidup itu belum lengkap kalo tanpa cinta

Tapi kalo menurut gw mah hidup ini gak lengkap kalo kamu gak mempunyai suatu hal yang sangat loe gemari, untuk gw itu adalah badminton.

Gw mungkin udah menyukai badminton sejak kecil banget, waktu itu maennya masih di jalanan kosong, tapi beranjak dewasa mulai ikutan klub dan maen agak serius.

Diantara banyak teknik badminton, yang paling gw kuasai adalah teknik service. Tidak sedikit lawan maen gwa yang langsung `mati langkah` seketika abis gw service. Intinya gw berfilosofi bahwa kalo kita bisa dapet angka dari service doang, maka pastinya gak perlu ngeluarin tenaga banyak2 untuk pukul2an. Setidaknya ketika service, buatlah supaya lawanmu kesulitan semaksimal mungkin, minimal dia gak bisa balikin bola secara sempurna.

Kira-kira begini cara gwa mengambil service. Ini khususnya berlaku untuk maen ganda (untuk maen single bakal dijelaskan di posting lainnya). Lo boleh ngambil secara forehand ataupun backhand, tergantung prefernya gmana. Tapi kalo mo service forehand, pastikan bola lu terukur matang.

Untuk ngambil forehand, sebaiknya lo ambil service di posisi 9 pada gambar lapangan di atas. Lihat kedudukan musuh lo :

  • kalo terlalu depan, buat bolanya tinggi dan cepat (lob semi drive, tapi jangan terlalu pendek kalo ga mau di-smash) ke arah nomor 1.
  • kalo agak ke depan tengah atau samping kiri, buat bola drop shot lambat jatuh ke arah nomor 3, biasanya untuk mengambil service cara ini, bola jatuh (ketika mo service) di samping kanan badan (dan kedudukan badan agak condong ke kanan). Biasanya dengan teknik ini, musuh akan mengira bola salah kamar ataupun out belakang. Padahal kalo cara ngambil lo bener, itu bakal masuk secara sempurna.
  • kalo dia agak ke belakang, ATAU lo ngeliat kalo dia lagi lengah posisinya, buat bola drop shot cepat jatuh dan pendek (pastikan bola-nya tidak tinggi, sebisa mungkin hanya selisih beberapa cm ketika melewati net) ke arah nomor 4. Dengan bola ini, hampir bisa dipastikan musuh akan off-side dan kelabakan, tentunya dengan syarat bahwa bola kamu tidak melayang jauh dan akhirnya out.
  • JANGAN pernah mengambil service forehand ke arah nomor 2, kecuali kalo kamu bisa menahan smash cambuk kuda

Untuk mengambil service backhand, pastikan posisimu di nomor 8. Kombinasikan bola yang ke arah 4 atau 2. Buat beberapa bola masuk ke arah 1. Kombinasi ini dimaksudkan agar service-mu tidak mudah ditebak.

Pada service backhand, ataupun forehand, jika kamu memberikan bola ke arah 4, bersiap-siaplah untuk membalas netting lawan (karena hampir bisa dipastikan jika musuh bisa membalikkannya, maka ia akan mengambil netting).

Sekian. Selamat bermain !!!

Tags: , ,

About sisusilo

I was born after we celebrate youngman promise about their commitment to this country

34 responses to “Mengambil service jitu pada badminton”

  1. antonrifco says :

    bermain indah ya

  2. Zakka Fauzan Muhammad says :

    Terlalu teoritis, kurang skill kamu ton๐Ÿ˜›

  3. antonrifco says :

    wah, kalo saya lagi fit , arif06 jg bisa tak imbangin zak

    hehehe

  4. Zakka Fauzan Muhammad says :

    Syaratnya kurang ton…

    1. Kamu lagi fit
    2. Arief sedang sangat tidak fit

    Nah, baru deh seimbang๐Ÿ˜€

  5. antonrifco says :

    gak kok

    cukup saya sedang fit saja.

    sering kok keseimbangan ini berlangsung kalo maen di STEI

    makanya coba datang, lihat keperkasaan saya bermain.

    selamat bermain

  6. nugg says :

    nice post …. saya ikutan belajan deh …

  7. antonrifco says :

    thx loh mas

    hehe

    btw, saya ada banyak sekali tutorial video u/ maen badminton

    kalo mau bisa kontak2an, maen gratis aja kalo sama saya

    kalo mau ambil langsung dari laptop

  8. azroel says :

    jancuk loe

  9. ali rosadi says :

    boleh ikut gabung ga latihannya… dimana biasa main

  10. antonrifco says :

    @azroel : iya gw jancuk, hehe
    @ali rosadi : gw biasa maen di jkt di GOR sumantri

    tapi kalo di Bandung di daerah cisitu

    lo dmana brur?

  11. deltapapa says :

    wah, boleh dicoba nih. sekalian say copy tekniknya ya boss

  12. Anton saptonadi says :

    kebtulan nama depan sma hobby nya sama nih, aq juga gak bisa jauh dari badminton.
    contact me ok

  13. memed says :

    Baru liat situsnya……..bagus n sayang gak liat pidionya

  14. Habib says :

    Artikel yang menarik Mas Anton… Saya akan tulis pendapat saya.

    Servis forehand sangat tidak umum dilakukan di pertandingan ganda. Lebih lagi, mengambil servis dari posisi 9 adalah hal yang sangat beresiko. Mungkin berhasil di level pemula, namun apabila menghadapi lawan yang punya basic bermain badminton hal ini sangat berbahaya. Kenapa?
    1. Sisi kiri (dari sudut pengambil servis) net akan sangat kosong. Kemungkinan kita hanya bisa mengambil shuttle dari bawah (dan terpaksa melakukan lift) bila pengembalian lawan cukup baik.
    2. Waktu tempuh shuttle menjadi lebih lama dan lawan punya waktu lebih banyak untuk mengantisipasi servis tsb.

    Servis itu sangat penting, tapi tidak untuk menghabisi lawan dalam sekali pukul melainkan untuk mengambil inisiatif menyerang (terutama dalam pertandingan ganda). Servis yang konsisten dan akurat jauh lebih berharga daripada servis yang canggih dan rumit.

    • antonrifco says :

      @habib,
      service diambil forehand, kenapa enggak….

      saya lihat di beberapa pertandingan internasional terakhir, beberapa pemain jagoan banyak jg yg mengambil service forehand pendek di pertandingan ganda…

      untuk yg service dari posisi 9, hanya utk kebutuhan riset, dan diimplementasi utk bermain senang-senang (melatih akurasi ;))

      • Habib says :

        oh ya? saya belum pernah lihat sebelumnya… boleh tahu siapa yang pakai servis forehand pendek di pertandingan ganda level internasional?

        …sepertinya menarik…

  15. cikgu the malicious says :

    ajarin dong cara nyerpisnya kk, sy kalo nyerpis langsung disamber terus ama arip T_T

  16. ZEBRYX'S says :

    Saya g’ pernah main badminton sama sekali mulai dari lahir sampai sekarang. Tiap hari tetanggaku main badminton, lama-lama aku ingin bermain. Tap aku g’ ngerti dasar-dasar badminton, Apa sih yang terpenting dalam bermain badminton…??

  17. Riyan says :

    Aq sering servis ko bolanya tanggung terus, gmn y agr bs lbh akurat (bs lbh dkt dgn net.!

  18. antonrifco says :

    @zebryx, yang penting sering maen dan percaya diri…
    ๐Ÿ™‚

  19. igusti says :

    saya sangat menyukai n hobi bgt maen bulutangkis cz masa depan saya ada di bulutangkis

  20. OCHA says :

    MMMMMMMMMM, MENURUT GW BULU TANGKIS ADL SEPARUH JIWA Q

  21. are says :

    mang susah tuk belajar batminton haru punya kemauan

  22. eL says :

    mantap coy..thnks infonya, klo pak bondan bilang maknyuuuusss.. hehe.. jd lapeeerrr…๐Ÿ™‚

  23. yos says :

    kayaknya perlu di ciba tuh.txs. bro

  24. rinowengi says :

    Badminton Memeng Seru, Hobby Jg Sih Kalo Senggang Maen Tapi Kalo Lg Sibuk Lupa Dh, Suka Banget Kalo Hbs Main Seger Gitu Sehat Pokoke,

Leave a Reply

